Minggu, 13 November 2016

Lomba Photo Hunting IPC Teluk Bayur 2016

Deadline : 27 November 2016

Lomba Photo Hunting IPC Teluk Bayur 2016

  1. Photo Hunting Competition ini terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia berumur 15 tahun ke atas dan berdomisili di Indonesia.
  2. Dilaksanakan dalam 1 (satu) hari di salah satu pelabuhan yang telah ditentukan.
  3. Peserta akan mendapatkan spot objek foto, souvenir, dan snack.
  4. Penilaian antara lain mencakup dari beberapa aspek antara lain sebagai berikut:
  5. Nilai SosialLokasi atau tempat merupakan kawasan yang memiliki makna khusus sebagai tempat kegiatan tertentu yang melibatkan masyarakat atau sekelompok orang dan memiliki peran sebagai unsur pembentuk citra kota (pembentuk, pengisi, penanda, dsb).
    Nilai ArsitekturLokasi atau tempat memiliki bangunan dengan perpaduan bentuk, struktur, dan bahan yang unik dan menarik. Bagaimana unsur-unsur tersebut dipadukan dengan prinsip-prinsip desain arsitektur, seperti skala, proporsi, harmoni, dsb, yang sebagian ditentukan oleh langgam atau semangat zamannya, kualitas kekriyaan dan pertukangan bangunan tersebut serta kelangkaan dan atau keterwakilan dalam hal tipologi bangunan, langgam, dsb.
    Nilai IlmuLokasi atau tempat merupakan capaian penting dalam sejarah.
    Nilai Keaslian Bentuk dan PemamfaatanLokasi atau tempat masih mempertahankan komponen dan pemanfaatan aslinya
  6. Calon peserta mendaftar melalui SMS atau Aplikasi WhatsApp dengan format yang telah disiapkan. Terlampir.
  7. Kegiatan dan pendaftaran ulang peserta dimulai pukul 07:00 WIB, pendaftaran ulang ditutup setelah jumlah peserta memenuhi kuota, atau selambat-lambatnya pukul 12:00 WIB. Peserta wajib menyerahkan fotonya kepada panitia paling lambat pukul 17:00 WIB. Panitia menyediakan card reader dan laptop untuk pengumpulan foto, proses uploading peserta akan dibantu tim panitia, peserta hanya menyerahkan fotonya dalam format soft copy JPEG.
  8. Panitia akan membagi peserta dalam kelompok berjumlah masing-masing 50 orang per kelompoknya. Setiap kelompok akan didampingi petugas lapangan yang akan membawa peseta ke masing-masing spot pemotretan dengan batas waktu yang telah ditentukan.
  9. Penjurian akan akan dilaksanakan 1 (satu) hari setelah pelaksanaan Photo Hunting Competition dan pengumuman pemenang akan dikeluarkan 1 (satu) hari setelah penjurian melalui Media Sosial Twitter @Indonesiaport dan Facebook Indonesiaport. Penyerahan hadiah akan dikonfirmasi kemudian dan dilakukan secara terpisah.
  10. Lokasi pengambilan foto hanya diperbolehkan di dalam atau sekitar kawasan Pelabuhan yang ditentukan oleh panitia dengan mempertimbangkan aspek-aspek termasuk keselamatan dan kelancaran operasional pelabuhan.
  11. Peserta dapat menggunakan kamera DSLR dan atau kamera mirrorless. Tidak diperkenankan mengikutsertakan foto yang diambil menggunakan kamera HP, kamera pocket non-mirrorless, kamera GoPro atau sejenisnya dan kamera drone atau kamera pesawat tak berawak.
  12. Karya yang dilombakan berbentuk foto tunggal, ukuran sisi terpanjang 3000 pixel, resolusi 300 dpi dengan format JPEG.
  13. Setiap peserta dapat mengajukan maksimal 10 (sepuluh) karya foto.
  14. Maksimal jumlah peserta adalah 250 orang dengan biaya registrasi sebesar Rp 20.000,- (dua puluh ribu rupiah).
  15. Karya foto yang diikutsertakan adalah karya foto yang diambil pada hari itu juga. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta yang kedapatan mengikutsertakan karya foto yang diambil sebelum Photo Hunting Competition diadakan.
  16. Karya foto bukan merupakan hasil manipulasi digital. Penyuntingan minor diperbolehkan sebatas cropping dan penyesuaian pencahayaan brightness/contrast/level/curve untuk gelap/terang. Proses ini dapat dilakukan oleh masing-masing peserta sebelum karya fotonya diserahkan kepada panitia dengan menggunakan peralatan penyuntingan foto, hardware ataupun software, milik pribadi masing-masing peserta. Panitia tidak menyediakan fasilitas untuk keperluan penyuntingan foto peserta.
  17. Peserta DILARANG menaiki kapal berlabuh sepanjang dermaga pelabuhan, peralatan bongkar muat, jembatan serta kontainer dan peserta WAJIBmematuhi arahan yang diberikan petugas lapangan dan panitia selama kompetisi berlangsung. Apabila peserta memutuskan untuk tetap menaiki kapal berlabuh sepanjang dermaga pelabuhan, peralatan bongkar muat, jembatan serta kontainer dan tidak mematuhi arahan petugas lapangan dan panitia hingga terjadi kecelakaan, maka kerugian dalam bentuk apapun yang dialami peserta BUKAN merupakan tanggung jawab panitia.
  18. Karya yang sudah dikirimkan menjadi hak milik penyelenggara dan tidak akan dikembalikan. IPC berhak menggunakan foto-foto peserta sebagai bagian dari publikasi perusahaan, termasuk termasuk tapi tidak terbatas pada materi penerbitan perusahaan (contohnya annual report; kalender; brosur program atau informasi pelayanan), publikasi pada media sosial dan publikasi lainnya. Ketentuan penggunaan foto akan diatur kemudian dengan tetap mencantumkan nama pemenang/fotografer.
  19. Segala bentuk klaim kepemilikan dari pihak lain atas suatu karya peserta sepenuhnya merupakan tanggung jawab peserta. (Hal ini terkait dengan model dan property release, apabila dalam karya foto peserta terdapat subjek manusia dan atau properti milik orang lain).
  20. Keputusan dewan juri mutlak, tidak dapat diganggu gugat dan tidak melayani korespondensi atau surat menyurat.
  21. Dengan mengirimkan karya foto untuk mengikuti Photo Hunting Competition ini, berarti peserta dianggap tunduk kepada seluruh ketentuan dan peraturan yang dibuat oleh panitia.

  1. PANITIA TIDAK MENERIMA PENDAFTARAN ON THE SPOT. Pendaftaran hanya dilakukan via SMS atau Aplikasi WhatsApp sebelum Photo Hunting Competition dilaksanakan.
  2. Pada hari pelaksanaan Photo Hunting Competition, peserta diwajibkan melakukan pendaftaran ulang pada booth yang telah disiapkan untuk membayar uang registrasi sebesar Rp 20.000,- dan mendapatkan atribut peserta, undian spot foto, kaos dan snack. Format pendaftaran peserta adalah sbb :
  3. Nama Lengkap
    Tempat Tanggal Lahir
    Pekerjaan
    No KTP
    Kamera : DSLR/Mirrorless
    Alamat Jelas
    No. HP
    Instagram ID
    Twitter ID
    Facebook ID

    Contoh:
    Nama LengkapPanji Soerjo
    Tempat Tanggal LahirPadang, 10 Maret 1987
    PekerjaanMahasiswa
    No KTP012345678910
    KameraDSLR
    Alamat JelasJl. Warga No. 21 RT 003/03 Tabing Padang Sumatera Barat
    No HP0888 8888 9999
    Instagram ID@PanjiSoerjo
    Twitter ID@PanjiSoerjo
    Facebook IDPanji Soerjo
  4. SMS atau WA pendaftaran peserta akan dibalas oleh panitia dengan nomor peserta. Mohon simpan baik-baik nomor peserta yang sudah didapatkan.
  5. Pada saat pendaftaran ulang, booth panitia akan dibagi menjadi 4, yakni:
    Booth A untuk peserta no.1-62
    Booth B untuk peserta no.63-125
    Booth C untuk peserta no.126-187
    Booth D untuk peserta no.188-250
  6. Peserta hanya perlu antri di booth sesuai urutan nomornya untuk memudahkan proses pendaftaran ulang dan pembayaran registrasi. Panitia atau petugas pendaftaran tinggal menyesuaikan dengan data peserta terdaftar yang sudah dicetak, menerima uang registrasi lalu menyerahkan atribut peserta.
  7. Mengingat keselamatan dan keamanan sangat penting selama berada dalam Pelabuhan, peserta diwajibkan untuk selalu berada dalam kelompoknya, tidak diperkenankan bertukar kelompok karena masing-masing kelompok memiliki warna kaos yang berbeda-beda dan dapat menyebabkan ketidakteraturan di lapangan. Hal ini semata-mata dilakukan agar pelaksanaan Photo Hunting Competition dapat berjalan kondusif dan tertib tanpa mengabaikan unsur keselamatan dan keamanan.
  8. Peserta wajib menyerahkan fotonya kepada panitia paling lambat pukul 17.00 WIB. Panitia menyediakan cardreader dan laptop untuk pengumpulan foto, proses uploading foto peserta akan dibantu tim panitia, peserta hanya menyerahkan fotonya dalam format soft copy JPEG.
PENDAFTARAN- Lavanda, 0858-8027-3614- Raisa, 0813-3329-7957 dikarenakan tempat terbatas, pastikan Anda tidak mendaftar 2x agar tidak mendapatkan nomor ganda. Pendaftaran cukup dilakukan ke salah satu nomor contact person di atas.
HADIAH
  • Juara I Rp 5.000.000
  • Juara II Rp 3.500.000
  • Juara III Rp 2.000.000
  • Harapan A, B & C @ Rp 1.000.000
  • Nominasi 1 s/d 14 @ Rp 500.000
DEWAN JURI
  • Hermanus Prihatna (Kepala Divisi Pemberitaan Foto Antara)
  • Mulyadi, IR, MM, MSC (General Manager IPC Teluk Bayur)
  • Risman Marah (Praktisi Fotografi)
INFO LENGKAP:
FB: Pelabuhan Indonesia II
Twitter: @indonesiaport
Youtube: Pelabuhan Indonesia II/IPC
Instagram: @indonesiaportcorp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar