Kamis, 21 Mei 2015

Essay Photo & Photo Story

Apakah bedanya Essay photo dengan photo story

Untuk mengetahui perbedaanya tentunya kita haru tahu apa arti dan definisi dari masing masing istilah tersebut sehingga kita dapat menjelaskan perbedaannya.
Definisi Essay Photo adalah :
1 . Series photo yang terdiri dari lebih dari 1 photo yang menceritakan secara khusus tentang topik bahasan yang akan diangkat seperti kemiskinan, narkoba, pengungsi, banjir dll.
2. Essay photo lebih mementingkan photo, angle yang menarik, moment yang menarik dibanding ke ceritanya atau dengan foto yang ada kita sudah dapat mendapatkan cerita sehingga teks hanya untuk memperkuat foto tersebut.
3. Menggambarkan secara detail tentang kondisi seperti (kenyamanan atau satu topik saja)
4. Lebih kearah rasa seperti rasa nyaman, rasa sakit, rasa terkucilkan, rasa marah, rasa kemewahan
5. Foto dapat dari berbagai tempat contohnya cerita tentang kemiskinan di kota A, Kota B, Kota C
Definisi Photo Story adalah :
1. series photo yang terdiri dari lebih dari 1 photo yang mencertiakan atau bercerita tentang suatu kejadian dimana ada awalan penjelasan, cerita dan penutup.
2. Photo story lebih mementingkan cerita dari suatu kejadian, foto hanya membantu memberikan keterangan
3. Menceritakan proses dari awal sampai akhir
4. Lebih kearah merekam secara documenter kejadian per kejadian
5. Foto lebih terarah pada satu lokasi atau daerah saja menceritakan dari awal sampai akhir tidak berpindah pindah tempat contoh kemiskinan di kota A sepeti apa tanpa digabungkan di kota B atau kota lainnya.
Bisa juga Essay photo adalah bagian dari Photo story  tentunya untuk membuat photo essay ataupun photo story diperlukan beberapa hal seperti :
1. Riset , mencari informasi yang lengkap dan dapat dipertanggung jawabkan karena ini merupakan kejadian nyata bukan dibuat buat atau direkayasa
2. Perencanaan foto baik moment yang akan terjadi maupun yang belum terjadi atau kejadian yang sering terjadi sehingga kita bisa mendapatkan angle yang berbeda jangan lupakan pendekatan dengan object yang akan diambil sehingga semua terlihat natural tanpa dibuat buat juga hal yang tidak kalah pentingnya adalah  perizinan ataupun hal hal lainnya seperti lokasi yang sulit, waktu , cuaca dll.
3.  Pemotretan jika foto bisa diambil siapkan selalu camera anda sebagai stok photo
4.  Pemilihan atau mensortiran foto foto tentunya harus diperhatikan etika dalam memotret jangan sampai melanggar asusila , rasis ataupun melanggar hukum
5. Layout Setelah semua dikerjakan hal terakir adalah melayout gambar dan tulisan sehingga foto dapat bercerita dan bermakna.

Foto seperti apakah untuk mendapatkan  photo story ataupun essay photo adalah :
1.  Foto Pembuka yang sering juga disebut establishing shot atau scene setter
2. Foto Isi bisa menggambil hal hal seperti , Detail , potrait, action , interaction, relationship, atau hal hal yang menarik didalam moment tersebut
3. Foto Penutup bisa juga disebut signature image

Contoh Photo story gempa nepal (new york times) photo by Daniel Berehulak 









Essay photo , cerita tentang dinasty kaya raya “Bling ” di china dan gaya hidupnya







Ditulis oleh
Herry Tjiang
Pengajar dan praktisi  foto di www.jsp.co.id
http://www.herrytjiang.com/essay-photo-vs-photo-story/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar